Pengertian Transistor Darlington, Rangkaian Transistor Darlington, Keunggulan Transistor Darlington Dan Skemanya terlengkap


Pengertian Transistor Darlington adalah - Rangkaian elektronika yang terdiri dari sepasang transistor bipolar (dwi kutub) yang tersambung secara tandem (seri). Sambungan seri seperti ini dipakai untuk mendapatkan penguatan (gain) yang tinggi, karena hasil penguatan pada transistor yang pertama akan dikuatkan lebih lanjut oleh transistor kedua.

Keuntungan dari rangkaian Darlington Ini adalah Dapat memperkecil ruang yang lebih kecil dari pada rangkaian dua buah transistor biasa dengan bentuk konfigurasi yang sama. Penguatan arus listrik atau gain dari rangkaian transistor Darlington ini sering dituliskan dengan Lambang β atau hFE.

Rangkaian transistor darlington dapat digunakan sebagai antarmuka sensor yang dapat meningkatkan sensitivitas input dari sensor yang akan anda pakai. Sebuah pasangan darlington terdiri dari dua buah BJT (Bipolar Junction Transistor) yang disambungkan sebagaimana pada layount berikut ini: Baca Juga: 10 komponen elektronik jenis jenis fungsi beserta simbol komponen elektronik Terlengkap


Anda dapat menyambungkan dua buah BJT untuk membentuk pasangan darlington atau dapat membeli unit yang sudah siap pakai. Tipe yang siap pakai terdiri dari dua buah transistor dan ditempatkan di dalam satu kemasan tunggal dengan tiga kaki terminal.

Keunggulan pasangan darlington ini terletak pada gain yang dapat dihasilkan. Hal ini disebabkan karena kaki emitor dari salah satu transistor dijadikan sebagai arus basis bagi transistor yang ke dua. Dengan mengansumsikan bahwa gain masing-masing transistor adalah 100, gain dari pasangan ini secara keseluruhan adalah 100 x 100, yang sama dengan 10.000. Baca Juga: Rangkaian Inverter Sederhana 12volt Dc ke 220volt AC

Dalam pengoperasiannya, terdapat jatuh tegangan sebesar 0,7 V diantara basis dan emitor dari kedua transistor. Hal ini menghasilkan tegangan basis-emitor total sebesar 1,4 V untuk pasangan darlington.

Dengan menggunakan rangkaian transistor darlington, dan bukannya hanya sebuah BJT tunggal, kita dapat memperoleh sensitivitas input yang jauh lebih maksimal/besar di bandingkan dengan transistor 1 untuk sebuah sistem.

Nah mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan tentang Transistor Darlington semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua. dan jika ada yang perlu di pertanyakan anda bisa tinggalkan coretan pada kolom komentar paling bawah. jangan lupa baca artikel berikutnya tentang : Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor dan Cara Membuatnya

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Transistor Darlington, Rangkaian Transistor Darlington, Keunggulan Transistor Darlington Dan Skemanya terlengkap"

Posting Komentar

1.Berkomentar yang sopan dan jangan spaming!
2.Dilarang Berkomentar yang mengandung unsur pornografi!
3.Komentang yang mengandung cemooh akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel