Pengertian RPM Dan Perbedaan RPM speedometer, Odometer pada mobil yang harus anda ketahui

Pengertian RPM
  RPM adalah Unit untuk frekwensi yang dipakai secara umum. Rpm digunakan untuk mengetahui kecepatan putar (rotasi). misalnya: Mesin mobil berputar antara 600 - 6.000 rpm, kepingan CD Audio berputar antara 180 - 500 rpm, Plat piring hitam berputar pada 78 rpm, dan masih banyak lagi yang lain nya.
Pengertian RPM Dan Perbedaan RPM speedometer, Odometer pada mobil yang harus anda ketahui
RPM
Ada banyak fitur dan informasi yaitu berupa simbol dan tulisan yang sangat berguna dan penting bagi mobil kita dan seringkali diabaikan oleh bagi sebagian orang. Yaitu salah satunya faktor penyebab adanya pengguna mobil yang tidak membaca buku petunjuk cara penggunaan kendaraan yang ada pada setiap kendaraan tersebut.

1. Speedometer
  Mungkin bagi sebagian orang speedometer ada yang belum mengenal.tapi bagi sebagian orang juga speedometer sudah banyak yang mengenal yaitu fungsinya speedometer pada mobil untuk mengukur kecepatan RPM kendaraan pada saat kendaraan berlaju di jalan raya.speedometer mempunyai cara kerja seperti jarum yang akan bergerak jika kendaraan Anda berjalan kebut. Namun sebaliknya jika kendaraan Anda parkir maka jarum tidak akan bergerak sama sekali.

   Di Indonesia sendiri satuan yang digunakan pada speedometer adalah km/j km per jam (HOUR)untuk speedometer sendiri mempunyai beberapa jenis yaitu speedometer analog, speedometer digital dan speedometer GPS. Dan berikut ini cara kerja speedometer tersebut.
  • Speedometer analog.
  Pada suatu kendaraan speedometer ini terdapat kabel baja yang berputar saat kendaraan berjalan atau berlari.kabel BC ini salah satunya ujungnya dihubungkan dengan roda atau transmisi yang di mana terdapat gear box mesin yang akan terus berputar selama roda atau transmisi berputar, sehingga putaran tersebut sebanding dengan putaran roda atau transmisi.

   Sedangkan pada ujung kabel yang satu dipasangkan dengan sebuah magnet dan keluar dari magnet terdapat mangkok logam yang tergabung dengan sebuah jarum jadi magnet tersebut berputar dan akan mengalami induksi dengan mangkok besi tersebut.sehingganya besi mengikuti putaran magnet akan tetapi tertahan oleh suatu pegas.Sehingga dihasilkan jarum yang tergabung dengan mangkuk resi tadi akan menunjukkan hasil putaran indikator kecepatan kendaraan.
  • Speedometer digital
  Speedometer ini cara kerjanya menggunakan sensor yang diletakkan pada suatu poros yang nantinya data tersebut akan ditampilkan sebagai indikator kecepatan pada speedometer pada dasbor mobil.
  • Speedometer GPS
  Speedometer ini tergolong dalam speedometer modern,cara kerja speedometer ini pengambilan data kecepatan kendaraan dilakukan menggunakan bantuan satelit.

2. Odometer
  Odometer adalah suatu alat sebagai petunjuk jarak tempuh pada suatu kendaraan. Odometer dapat juga digunakan untuk mengetahui jangka waktu pergantian pelumas (oli). Cara kerjanya secara elektronik atau mekanik. Apabila odometer dalam satuan km/kmaka angka odometer yang ditunjukkan berupa jarak dalam satuan km

   Sedangkan odometer mempunyai fungsi untuk mengatur dan mengetahui beberapa jarak yang sudah dilalui oleh kendaraan tersebut dari mulai berjalan hingga saat ini. Jika pada odometer tertera angka 40404 ini berarti kendaraan tersebut sudah menempuh jarak sebesar 40.404 KM.

   Dan bagi kamu yang ingin membeli mobil second (mobil bekas) maka anda wajib mengecek odometer,karena odometer juga bisa sebagai pertimbangan apakah mobil tersebut sudah menempuh jarak yang cukup jauh atau masih pendek.

   Namun jangan sekali-kali tergiur saat membeli mobil bekas dengan kilometer yang masih rendah, soalnya odometer tersebut bisa saja dicopot oleh pemilik kendaraan, dan bisa juga karena odometer tersebut dalam keadaan kurang fit. Padahal itu bisa juga sebagai akal-akalan oleh si penjual mobil second tersebut dan bisa membawa malapetaka untuk anda. Maka berhati-hati sebelum Anda membeli mobil seken karena tergiur dengan kilometer yang masih rendah.


  Nah demikianlah hal yang dapat kami sampaikan tentang pengertian RPM, perbedaan speedometer, odometer dan RPM dengan memperhatikan faktor-faktor keamanan serta kenyamanan dan keselamatan berkendara anda.semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Pengertian RPM Dan Perbedaan RPM speedometer, Odometer pada mobil yang harus anda ketahui"

Posting Komentar

1.Berkomentar yang sopan dan jangan spaming!
2.Dilarang Berkomentar yang mengandung unsur pornografi!
3.Komentang yang mengandung cemooh akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel