10 komponen elektronik jenis jenis fungsi beserta simbol komponen elektronik Terlengkap

10 komponen elektronik jenis jenis fungsi beserta simbol komponen elektronika Terlengkap - Bertemu kembali dengan Tehnisikecil.com, Pertemuan kali ini saya tidak menjelaskan tentang cara flashing dulu, karena saya kepengen mengenal komponen elektronik dan membagikan kepada anda semua.

Komponen elektronik adalah Suatu komponen elemen kecil dalam suatu rangkaian elektronika. didalam rangkaian elektronik pada umumnya terdiri dari komponen aktif dan komponen pasif. pada setiap komponen elektronik dibuat dengan nilai yang berbeda-beda tergantung kebutuhan berdasarkan produsen sipembuat elektronika tersebut.

Ada banyak sekali komponen elektronik yang harus kita kenal sebelum kita menjadi tehnisi elektronik. namun kita juga harus mengenal komponen-komponen tersebut lebih dalam lagi. karena komponen satu dengan yang lain tidaksama bentuk nya. dan berbeda juga cara menghitung rumusnya. Nah mungkin dari kalian yang saat ini lagi belajar elektronik tidak sabar untuk mengenal apa saja komponen-komponen yang harus kalian ketahui. untuk lebih lengkapnya anda bisa simak ulasan berikut:

20 komponen elektronik jenis jenis fungsi beserta simbolnya

1. Elko (Kondensator)


Elko (Kondensator) Adalah komponen yang biasanya berbentuk tabung yang mempunyai dua kaki yang menjadi kutub positif (+) dan negatif (-) yang di tandai dengan kaki panjangnya positif dan kaki pendeknya negatif.

Simbol dari Elko
Elko (Kondensator) mempunyai simbol tersendiri yang menjadi cirikhas elko tersebut. biasanya simbol tersebut dapat kita temukan pada rangkaian kit elektronik seperti mesin TV, mesin radio, mainboard komputer, dan masih banyak lagi yang lain nya.

2. Dioda 


Dioda Adalah Komponen pasif yang terdiri dari dua kutub dan berfungsi sebagai penyearah arus DC ataupun arus AC. komponen ini terdiri dari penggabungan dua konduktor yang masing masing di berikan doping yang berbeda. dan maksud dari tambahan material tersebut untuk mengalirkan arus listrik. Maka dari itu Dioda di sebut sebagai komponen aktif.

Simbol Dioda


Dioda mempunyai simbol tersendiri yang menjadi cirikhas Dioda tersebut. biasanya simbol tersebut dapat kita temukan pada rangkaian kit elektronik seperti mesin TV, mesin radio, mainboard komputer, dan masih banyak lagi yang lain nya.

3. Resistor

Resistor adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat untuk membatasi aliran listrik yang melewati suatu ragkaian elektronik. Fungsi dari resitor itusendiri jika dilihat dari namanya bersifat resistif dan termasuk salahsatu komponen elektronik pasif. satuan dalam resistansi resistor di sebut Ohn (Ω).

Simbol Resistor

Resistor mempunyai simbol tersendiri yang menjadi cirikhas Resistor tersebut. biasanya simbol tersebut dapat kita temukan pada rangkaian kit elektronik seperti mesin TV, mesin radio, mainboard komputer, dan masih banyak lagi yang lain nya.

4. Transistor

Tarnsistor adalah salah satu komponen elektronik yang bersifat semikonduktor di pakai intuk penguat sinyal sircuit, penguat sircuait, pemutus arus dan penyambung arus (Switching), untuk menyetabilkan tegangan, sebagai modulasi sinyal dan masih banyak lagi kegunaan nya. Transistor sendiri mempuyai banyak jenis dan beda beda tipe.

Simbol Transistor

Transistor mempunyai simbol tersendiri yang menjadi cirikhas Transistor tersebut. biasanya simbol tersebut dapat kita temukan pada rangkaian kit elektronik seperti mesin TV, mesin radio, mainboard komputer, dan masih banyak lagi yang lain nya. 

5. Induktor
Induktor atau Reaktor adalah salah satu komponen elektronik Pasif yang dapat menyimpan energi pada medan maghnet yang di akibatkan oleh arus listrik yang  di laluinya. Kemampuan induktor ini untuk menyimpan energi maghnet yang di tentukan oleh induktansi medan yang dilalui oleh arus listrik. ada banyak sekali jenis induktor yang bisa kita temukan dalam rangkaian elektronik.

Simbol Induktor
Induktor mempunyai simbol tersendiri yang menjadi simbol Induktor tersebut. biasanya simbol tersebut dapat kita temukan pada rangkaian kit elektronik seperti mesin TV, mesin radio, mainboard komputer, Cager laptop dan masih banyak lagi yang lain nya.

6. IC (Integrated circuit)
IC (Integrated circuit) adalah komponen dasar yang teerdiri dari transistor, resistor, dan komponen lain yang di satukan menjadi IC. IC tersebut biasanya menjadi otak peralatan elektronik yang paling kompleks. ada banyak sekali jenis komponen yang satu ini, dimana satu jenis IC dengan yang lain nya berbeda. berbeda seri berbeda juga kegunaannya.

Simbol IC
IC (Integrated circuit) mempunyai banyak simbol. yang dimana simbol ic satu dengan yang lain nya pasti tidak akan sama. biasanya simbol tersebut dapat kita temukan pada rangkaian kit elektronik seperti mesin TV, mesin radio, mainboard komputer, Mainboard smartphone dan masih banyak lagi yang lain nya.

7. Saklar (Switch)
Saklar adalah Komponen elektronik yang berguna untuk menghubungkan dan memutuskan aliran arus listrik. sering kita temukan saklar ini pada produk elektronik yaitu berfungsi sebagai power ON/OF.

Simbol Saklar (Switch)

Saklar (Switch) mempunyai simbol seperti diatas. namun sekarang ini Saklar banyak sekali jenisnya, mulai dari saklar 4 kaki, 3 kaki, 2 kaki dan yang lebih moderen lagi yaitu saklar sentuh. namun dari banyaknya bentuk saklar secara garis besar tujuan nya sama, yaitu untuk memutus dan menyambungkan arus.

8. Potensio
Potensio adalah rangkaian elektronik yang terdiri dari tiga terminal (kaki) dengan sambungan geser, memutar yang mengubah berbagai tegangan yang dapat di ubah-ubah. jika dua terminal yang digunakan maka salahsatunya tetap dan terminal geser.  potensio ini berperan sebagiai pengganti resistor variable atau Rheostat yang dapat di ubah ubah nilainya.

Simbol Potensio

Ada banyak sekali simbol-simbol potensio yang bisa kita temukan pada komponen elektronik untuk menggambarkan letak potensio. namun secara garis besar sama tujuan nya. jika kalian sudah pernah terjun di dunia elektronik maka anda sudah barang tentu menemukan banyaksekali jenis-jenis komponen yang satu ini, dari potensio geser, potensio putar, dan potensio dua kaki.

9. Trafo (Transformator)
Trafo atau yang sering kita kenal dengan Transformator adalah salah satu alat listrik yang dapat mengubah taraf dari suatu tegangan taraf tertinggi menjadi rendah. maksud nya yaitu mengubah arus AC dari 220 Volt menjadi 25 Volt AC. ataupun menaikkan tegangan dari 25 Volt AC ke 220 Volt AC.  Trafo ini bekerja berdasarkan prisip induksi elektro maghnetik dan hanya akan bekerja pada arus bolak balik. Trafo tersebut mempunyai dua jenis yang berbeda yaitu Trafo Step Up dan Trafo Step Down.

Simbol Trafo


Travo mempunyai simbol yang unik yaitu seperti tali yang berputar putar, untuk sekarang ini travo sudah jarang sekali kita temukan pada alat elektronik. dan sebagai pengganti trafo yaitu power suplay, agar lebih praktis dan tidak menambah beban pada rangakaian tersebut. sebenarnya cara kerjanya sama yairu menurunkan atau menaikan tegangan arus listrik.

10. Kabel

Nah siapasih yang tidak mengenal kabel, dari yang kecil sampai dewasa sudah barang tentu mengenal apa itu kabel. namun kalian belumtahukan?. Apa itu kabel.

Kabel atau bahasa inggris Cable adalah sebuah alat yang di gunakan untuk mengkantarkan sinyal dari satu tempat e tempat lain.  seiring berkembangnya zaman kabel terdiri dari berbagai jenis dan ukuran yang membedakan satu denagan yang lain. dilihat dari jenisnya, kabel terbagi menjadi 3 yaitu kabel serat optik, kabel tembaga, dan kabel koaksial.

Simbol kabel

Didalam dunia elektronik kabel tidak mempunyai simbol yang tetap (setahu saya) karena kabel sendiri tidak mempunyai tempat yang tetap, setahu saya kabel tersebut dimana ada komponen yang memerlukan untuk di sambungkan maka kabel tersebut untuk menyambungkan nya.

  Nah munkin hanya itudulu yang bisa saya tulis tentang 10 komponen elektronik jenis jenis fungsi beserta simbol komponen elektronik Terlengkap karena tulisan ini untuk saya fahami dan saya pelajari namun saya tulis sebagai artikel agar anda juga bisa membacanya. jika ada yang kurang faham atau kurang di mengerti anda bisa bertanya dengan mbah google. sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "10 komponen elektronik jenis jenis fungsi beserta simbol komponen elektronik Terlengkap"

Posting Komentar

1.Berkomentar yang sopan dan jangan spaming!
2.Dilarang Berkomentar yang mengandung unsur pornografi!
3.Komentang yang mengandung cemooh akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel