"Solar Cell" Pengertian Solar Cell, Cara Kerja Solar Cell Dan Rangkaian listrik solar cell Terlengkap

  Kembali lagi di persinggahan Tehnisikecil.com. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Apa "Solar Cell" Pengertian Solar Cell, Cara Kerja Solar Cell Dan Rangkaian listrik solar cell Terlengkap. sudah banyak kita temukan solar cell, Apa itu di pertigaan lampu merah, pinggir jalan raya, atau yang lainnya. namun Apakah kalian sudah tahu apa yang dinamakan dengan solar cell. Nah Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang solar cell.

Pengertian solar cell

  Solar cell adalah suatu rangkaian atau perangkat keras yang bisa mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. yang didalamnya menggunakan prinsip portovoltaic effect. portovoltaic effect itu sendiri merupakan kondisi di mana keluarnya tegangan listrik karena adanya koneksi kontak dari dua elektroda. yang berhubungan dengan sistem padatan atau cairan saat mendapatkan energi cahaya matahari. Oleh karena itu solar cell pelajaran disebut juga dengan portovoltaic cell. Henri Becquerel merupakan seseorang yang pertama kali menemukan portovoltaic effect pada tahun 1839.

  Saat energi foton cahaya matahari di terima oleh rangkaian alat tersebut. baru muncul lah aliran listrik yang disebabkan oleh lepasnya elektron elektron dalam sambungan tipe N dan tipe P untuk mengaliri. solar cell hampir sama dengan dioda photo (photodiode). yang di mana keduanya memiliki kaki positif dan negatif yang terkoneksi dengan perangkat yang membutuhkan sumber daya listrik.

  Secara terstruktur solar cell adalah dioda foto yang mempunyai permukaan serta ukuran yang sangat besar. oleh ukurannya ini solar cell lebih sensitif terhadap cahaya matahari yang terpancar. serta tegangan dan arus listrik yang dihasilkan pun lebih kuat dibandingkan dioda photo pada umumnya. sebuah solar cell yang dibuat dari bahan semikonduktor bisa menghasilkan tegangan listrik sampai 0, 5 volt dan arus listrik 0, 1 ampere saat terkena pancaran sinar matahari.

  Pada saat ini teknologi solar cell sudah sangat diaplikasikan ke berbagai macam perangkat dan sudah banyak penggunanya. mulai dari sumber listrik pada kalkulator, pengisian baterai, lampu lampu jalan, pembangkit listrik, sampai sumber listrik untuk menggerakkan satelit yang mengorbit di bumi.

Di bawah ini adalah contoh struktur dan simbol susunan serta bentuk solar cell yang banyak kita lihat.



Cara kerja solar cell

  Solar cell terbentuk dari partikel-partikel yang sangat kecil yang terdapat dari sinar matahari dan disebut dengan foton. saat terpapar sinar matahari, foton merupakan partikel dari sinar matahari tersebut menghantarkan atom semikonduktor silikon solar cell yang dapat menghasilkan energi yang cukup besar guna untuk memisahkan antara elektron dan struktur atomnya. elektron yang telah terpisah dan bermuatan negatif (-) akan bebas bergerak pada daerah pita konduksi dari bahan bahan semikonduktor. saat itulah terjadi kekosongan struktur pada atom yang telah terlepas dari elektronnya. kekosongan tersebut dinamakan dengan "hole"dengan muatan positif"

  Pada daerah semikonduktor yang mempunyai elektron bebas ini berperan sebagai pendonor elektron yang bersifat negatif. daerah semikonduktor ini dinamakan semikonduktor N-type. sedangkan pada daerah konduktor yang mempunyai hole bersifat positif dan berguna sebagai penerima elektron disebut dengan semikonduktor P-type.

  Saat persimpangan atau pertemuan antara daerah negatif dan daerah positif (PN Junction) akan menghasilkan energi yang dapat mendorong hole dan elektron untuk bergerak ke arah berlawanan. yang di mana hole akan menjauhi pada daerah positif dan elektron akan menjauhi daerah negatif. nah pada saat itu bisa memberikan sebuah beban berupa lampu atau rangkaian listrik lainnya pada daerah PN junction. sebab saat itu arus listrik telah dikumpulkan.

Rangkaian listrik solar cell

  Solar cell tersebut gak jauh beda dengan sumber listrik lainnya seperti baterai dan aki pada umumnya. solar sel bisa dirangkai secara seri maupun pararel. secara umum solar sel bisa menghasilkan tegangan listrik sebesar 0, 45 sampai 0, 5 volt. dan arus listrik sebesar 0, 1 ampere. saat menerima Sinar cahaya yang cukup terang oleh matahari sama seperti baterai solar cell yang dirangkai secara seri akan meningkatkan tegangan voltase. sedangkan solar cell yang dirangkai secara paralel akan meningkatkan arus current. di bawah ini adalah contoh dari rangkaian paralel dan seri.


  Demikianlah pengertian tentang "Solar Cell" Pengertian Solar Cell, Cara Kerja Solar Cell Dan Rangkaian listrik solar cell Terlengkap semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. sampai jumpa pada artikel berikutnya dan terima kasih.

0 Response to ""Solar Cell" Pengertian Solar Cell, Cara Kerja Solar Cell Dan Rangkaian listrik solar cell Terlengkap"

Posting Komentar

1.Berkomentar yang sopan dan jangan spaming!
2.Dilarang Berkomentar yang mengandung unsur pornografi!
3.Komentang yang mengandung cemooh akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel