Inilah 3 Langkah Flashing Asus Zenfone 5 : ADB Fastboot, Flashtool, Tanpa PC

;
Asus Zenfone 5 merupakan Asus milik konsumen yang kemarin datang ke service saya. saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang smartphone Asus yang sudah terhitung berumur 2 tahun dari pertama kali launching ke pasar smartphone. pernah ada masalah mulai dari LCD pecah, jatuh yang berakibat Hank, bahkan pernah juga kesiram air, dan bukan hanya itu saja masih ada banyak masalah yang terjadi pada smartphone tersebut. Untung saja ada cara flash Asus Zenfone 5 ini. smartphone tipe Zenfone 5 yaitu toof, dan ada juga yang satunya yaitu tipe tooj.

  Seperti komputer ketika sistem nya sudah mulai berkurang atau melemah, perlu dilakukan instal ulang untuk mengembalikan performa yang hilang. Begitu juga dengan Asus Zenfone 5 tersebut. saat keluhan mulai datang seperti bootloop, touchscreen mulai berkurang responsifnya, WiFi dan bluetooth mulai problem, dan masih ada problem-problem lainnya mungkin kita perlu melakukan flashing Asus Zenfone 5. dan untuk melakukan flashing tersebut ada 3 tahap atau 3 trik tanpa menggunakan PC agar kondisinya kembali normal seperti semula.
NOTE: bootloop merupakan masalah perangkat Android yang dimana kegagalan masuk ke dalam sistem. Salah satu ciri cirinya ketika perangkat Android dinyalakan hanya menampilkan logo pada merek smartphone Android.
  Untuk mengantisipasi sebuah cara saja tidak berhasil, maka Tehnisikecil.com akan berbagi 3 solusi yang cukup mudah yang bisa Anda lakukan. yaitu flashing Asus Zenfone 5 Via flashtool. via ADB fastboot tool. dan tanpa PC.

  Tehnisikecil.com sudah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan flashing Asus Zenfone 5 tersebut, Selain itu saya juga siapkan tutorial untuk mempermudah anda melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

Cara flashing Asus Zenfone 5 tanpa menggunakan komputer atau PC.

  Dalam artian di sini kita tidak perlu menggunakan bantuan komputer ketika melakukan flashing, melainkan hanya menggunakan memory card external (SD card).

  Seperti yang kita lakukan bahwa kebiasaan Asus ketika Asus ww, maka firmware nya juga harus WW. begitupun dengan yang lainnya. tetapi dalam masalah flashing Asus Zenfone 5 Mini, Asus TW menggunakan file WW berhasil. jadi Saya rasa Anda juga harus mencobanya.


  Seperti halnya gambar di atas bahwa Firmware Asus ini KoT49H_pohon-11.4.6.79.20141020. tapi Tenang saja karena saya sudah menyediakan bahan-bahannya. silakan saja anda download file di bawah ini.

Bahan:

.Firmware asus zenfone 5

  Jika anda sudah selesai mendownload maka kopilah file tersebut ke memori SD card. Biarkan saja dengan ekstensi Zip. dan copy folder di luar saja.


Langkah-langkah nya tidak jauh berbeda dengan flashing Asus Zenfone lain yaitu:

1. terlebih dahulu pastikan Asus Zenfone 5 dalam keadaan tidak aktif atau Off.

2. lalu hidupkan dengan cara tekan dan tahan tombol power & volume (-) untuk masuk ke mode instalasi firmware via SD card nya.

3. pilih apply update from external storage.

4. Carilah file zip yang tadi Anda masukkan ke SD card. setelah ketemu langsung saja klik "OK"dengan tombol power.

5. tunggulah prosesnya kira-kira sampai 10 menit.

Cara flashing Asus Zenfone 5 Via flashtool.

  Salah satu keunggulan atau langkah yang paling mudah untuk melakukan flashing yaitu dengan menggunakan aplikasi Asus flash tool. hal ini berguna untuk kamu yang mungkin baru pertama kali melakukan flashing. langsung saja anda download bahan-bahannya di bawah ini.

. Asus flashtool
. Firmware Asus Zenfone 5.
. USB driver Asus.


Langkah-langkah flashing Asus Zenfone 5.

1. seperti biasa terlebih dahulu matikan Asus Zenfone 5 yang akan anda flashing.

2. install USB Driver dan kamu pastikan bahwa terinstal dengan sempurna. (untuk memastikannya Anda bisa lihat pada device manager).

3. ekstrak dan simpan file yang kamu download tadi. saya sarankan sim card ke tempat yang mudah untuk di temukan.

4. lalu masuk ke menu fastboot (tekan tombol power & tombol volume (-).

5. lalu buka aplikasi Asus flash tool.

6. lalu hubungkan smartphone Asus Zenfone 5 ke PC dengan micro USB.

7. ketika handphone sudah terhubung, pakan secara otomatis flashtool mendeteksi Asus Zenfone 5 dengan menampilkan serial pada logo USB. jika belum terdeteksi cek USB Driver sudah terinstal dengan sempurna atau belum.

8. gunakan Browser dan pilih trimmer yang sudah anda download tadi.

9. pilih data wifi (yes) untuk melakukan format data yang bertujuan agar flashing Asus Zenfone 5 maksimal.

10. jika sudah anda lakukan langkah-langkah seperti di atas. langsung saja anda klik start untuk memulai proses flashing Asus Zenfone 5.

11. Tunggulah tinggal beberapa menit sampai proses flashing selesai.

Cara flashing Asus Zenfone 5 via ADB fastboot tool.

  Solusi yang terakhir yaitu menggunakan ADB fastboot tool. langkah ini cukup mudah untuk Anda pahami. namun terlebih dahulu Anda siapkan bahan-bahannya. yang sudah saya sediakan pada link di bawah ini.

. USB driver Android intel stup.
. ADB fastboot tool.
. Firmware Asus Zenfone 5 Toof/Too, kami merekomendasikan pilih SKU yang sama dengan jenis smartphone yang Anda gunakan (WW. TW. CN. atau CHT).

PERSIAPKAN PC ATAU LAPTOP.

1. ekstrak terlebih dahulu dan instal USB driver Android ke PC atau laptop. langkah ini bisa anda lewati jika smartphone anda sudah pernah menginstal USB Driver.

2. ekstrak ADB fastboot tool.

3. ubah nama Firmware Asus Zenfone 5 yang sudah selesai Anda download tadi menjadi: UL-ASUS-Toof-WW-3.24.40.87. untuk mempermudah proses flashing Asus Zenfone 5.

4. langkah selanjutnya pindahkan Firmware Asus Zenfone 5 yang sudah diganti namanya tadi ke folder ADB fastboot tool.

Persiapkan pada smartphone Asus Zenfone 5.

1. lanjutkan dengan masuk ke applied date dari ADB pada Asus Zenfone 5. dengan cara tekan tombol volume up & power secara bersamaan untuk masuk ke fastboot.

2. kemudian pilih recovery mode, gunakan tombol volume untuk navigasi ke atas dan ke bawah dan tombol power untuk konfirmasi "OK".

3. sesudah memiliki recovery mode Asus Zenfone 5 akan secara otomatis restart dan muncul logo Android yang tidak ada perintah.

4. setelah logonya muncul. Lalu Anda tekan dan tahan tombol power kemudian tekan juga tombol volume up 1x.

5. jika tidak berhasil. setelah muncul logonya maka tekan volume Down & Volume Up, kemudian lepas tombol volume up tanpa melepas volume Down.

6. pilih apply update from ADB. setelah itu akan berada di menu recovery.

Proses flashing Asus Zenfone 5 via ADB fastboot tool akan segera dilakukan.

1. hubungkan terlebih dahulu Asus Zenfone 5 ke PC atau laptop menggunakan kabel USB yang sudah Anda persiapkan tadi.

2. jalankan CMD yang berada di folder ADB fastboot tool.

3. ketikan perintah "ADB devices"tanpa menggunakan tanda petik di CMD lalu kemudian Asus Zenfone 5 akan terdeteksi secara otomatis. hal ini yang menandakan Asus Zenfone 5 sudah terhubung dan siap untuk melakukan proses flashing.


4. lalu ketikan lagi perintah "ADB sideload user.Zip"tanpa tanda petik (user Zip merupakan firmware yang diubah namanya di langkah sebelumnya tadi).

5. jika berhasil maka perintahnya akan seperti pada gambar berikut ini.


6. saat proses instalasi telah dilakukan, Asus Zenfone 5 akan kembali masuk ke mode recovery, lalu kemudian pilih reboot system now.

7. tunggu proses flash Asus Zenfone 5 sampai kembali menyala (dalam proses ini biasanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit). walaupun lumayan lama tetapi kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang lain sambil ngopi atau udud.

Masalah kegagalan yang biasa terjadi yaitu.

  Sebaiknya Anda juga Mengetahui berbagai masalah yang sering menggagalkan ketika mengikuti cara flashing Asus Zenfone 5. agar kita bisa mengantisipasi dan mengatasi nya.

1. kabel data atau USB. kamu harus memastikan terlebih dahulu kala kualitas kabel data benar-benar baik. di sini Saya menyarankan menggunakan kabel USB bawaan smartphone Asus Zenfone 5.

2. baterai kurang. setidaknya sebelum anda melakukan flashing terlebih dahulu Anda charger dan minimal baterai Smartphone mempunyai 50% keatas.

3. driver tidak terinstal dengan baik. biasanya proses menginstal USB Driver kurang diperhatikan oleh orang-orang yang melakukan flashing. jangan sampai proses flashing gagal karena masalah driver yang tidak terinstal dengan baik.

4. firmware tidak cocok atau corrupt saat Anda download. biasanya proses download firmware putus di tengah jalan.

  Mungkin hanya itulah yang biasa saya temukan masalah-masalah yang mengikuti proses flashing yang berujung gagal.

  Perlu tanda garis bawahi. proses flashing membutuhkan kesabaran dan jangan mudah menyerah dalam melakukan proses ini walaupun satu atau dua kali gagal. karena cara flash Asus Zenfone 5 ini akan terlihat susah bagi Anda yang belum pernah melakukannya. tetapi sebenarnya cukup mudah bagi Anda yang sudah mengetahuinya. jangan lupa like and share jika anda merasa terbantu kan dengan proses flashing Asus Zenfone 5 menggunakan tiga cara di atas tadi. Selamat mencoba dan semoga berhasil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 3 Langkah Flashing Asus Zenfone 5 : ADB Fastboot, Flashtool, Tanpa PC"

Posting Komentar