Beginilah Cara Install Dan Setting Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10. Lengkap

;
Kali ini saya akan memberikan tutorial lengkap tentang panduan dan bagaimana cara memasang Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10. serta Bagaimana cara setting path environment sehingga Java SE Development kit (JDK) bisa berjalan dengan sempurna pada komputer Windows 10 anda.

Java SE Development kit (JDK) merupakan sebuah software fungsi yang dipakai dalam bahasa pemrograman Java. di dalam Java se development kit terdapat beberapa paket lainnya yang saling berkaitan dan memiliki fungsi sendiri sendiri. contohnya adalah Java runtime environment. (JRE) dan Java virtual machine (JVM). Java se development kit sendiri berfungsi untuk melakukan kompilasi dari kode Java ke dalam barisan bytecote yang bisa dimengerti dan dijalankan oleh JRE.

Jika kamu ingin membuat atau membangun sebuah aplikasi dengan bahasa pemrograman Java. hal ini wajib Anda install Java SE Development kit (JDK) pada komputer yang kamu gunakan. beberapa aplikasi yang digunakan untuk membangun aplikasi dengan bahasa pemrograman Java adalah netbean. dan juga Android Studio. untuk bisa menggunakan netbean dan Android Studio. maka anda harus memasang Java SE Development kit (JDK) pada komputer Windows 10 anda.

Lalu bagaimana cara install Java SE Development kit (JDK) yang baik dan benar pada Windows 10, dan bagaimana cara setting Path environment agar Java dapat berjalan pada laptop ataupun komputer dengan Windows 10.

Dalam tutorial ini Tehnisikecil.com akan memberikan panduan khusus untuk yang melakukan instalasi Java SE Development kit (JDK), kemudian dilanjutkan dengan tutorial cara setting Path environment Java JDK pada Windows 10. dan yang paling akhir adalah melakukan pengujian Apakah Java SE Development kit (JDK) sudah bisa berjalan dengan baik pada komputer Windows 10 anda.

Tutorial lengkap cara instalasi Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10.

1. langkah pertama Anda harus download terlebih dahulu java JDK. yang bisa anda download bawah ini. http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

2. Langkah kedua setelah selesai download silakan Klik Kanan file Java SE Development kit (JDK) yang sudah selesai Anda download tadi, lalu kemudian pilih open. seperti pada gambar berikut.


3. Langkah selanjutnya, setelah halaman utama proses instalasi tampilan pada layar di bawah ini pada komputer Anda silakan lanjutkan dengan melakukan klik pada tombol NEXT. seperti dibawah ini.

4. Langkah selanjutnya, Biarkan saja lokasi instalasi tetap pada kondisi default, dan langsung saja lanjut dengan Klik tombol NEXT.

5. langkah selanjutnya, dalam tahap ini anda harus memilih lokasi JDK untuk netbean IDE, silahkan biarkan default saja dan lanjut dengan klik pada tombol NEXT lagi.

6. Langkah selanjutnya, ini adalah proses untuk melalui instalasi, klik saja pada tombol install.

7. Harap tunggu hingga beberapa menit sampai proses instalasi selesai yang ditandai dengan informasi tulisan "installation completed successfully". kemudian klik pada tombol finish untuk menutup jendela instalasi atau proses install. seperti pada gambar di bawah.


8. Sampai disini Java SE Development kit (JDK) telah terpasang pada komputer anda, tetapi Java SE Development kit (JDK) belum bisa dijalankan, karena belum ada konfigurasi sehingga sama sekali belum bisa digunakan untuk membangun atau dipakai membuat aplikasi.

Lalu bagaimana cara melakukan setting atau konfigurasi part Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10. silahkan simak tutorial berikut ini.

Tutorial cara mengatur JAVA_HOME data lokasi Path Java environment pada Windows 10.

1. Langkah yang paling utama, Silahkan buka sistem Adventure setting dengan cara, tekan tombol Windows + S untuk membuka pencarian. lalu pada Kolom pencarian silakan ketik tulisan Sysinfo, lalu pilih atau klik pada pilihan sistem yang akan ditampilkan pada layar hasil pencarian. seperti dibawah ini.

2. Dalam langkah ini anda sudah berhasil masuk ke halaman sistem, lanjut klik pada tulisan Advanced System settings. sehingga terbuka halaman system properties. seperti pada gambar berikut.

3. Pada halaman ini silakan klik pada tombol environment variables. sehingga tampilan halaman environment variables.

4. Pada layar sistem variabels, lanjut klik pada tombol new. kemudian isikan nama variabel dengan tulisan Java home. pada kolom variable value. silakan isikan lokasi di mana java JDK Anda terpasang, Anda bisa langsung klik pada tombol browse untuk langsung menuju ke lokasi default. yang berada pada lokasi C:\Program Files\Java\JDK1.8.0_171.  setelah selesai silahkan klik pada tombol Ok untuk menyimpannya. seperti gambar berikut.


di atas adalah langkah melakukan konfigurasi lokasi atau path Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10 telah selesai. namun sampai pada langkah ini rupanya belum selesai sepenuhnya dan Anda harus melakukan satu langkah konfigurasi lagi yaitu melakukan update sistem path.

Cara update sistem path Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10.

Langkah yang pertama, pada halaman environment variable, silahkan klik pada baris tulisan path, kemudian klik pada tombol edit. sehingga tampilan halaman baru yang bernama edit environment variable. contoh seperti gambar berikut.


Langkah selanjutnya pada halaman edit environment variable, silahkan klik pada tombol new, kemudian masuk lokasi pemasangan JDK pada komputer Windows 10 anda. secara default lokasinya berada pada C:\Program Files\Java\jdk.18.0_171\bin.  setelah selesai silakan klik pada tombol Ok untuk menyimpan nya.


Selesai.

Agar konfigurasi setting environment Java pada komputer Windows 10 anda telah diterapkan dan bisa dijalankan dengan sempurna, silakan lakukan ribut pada komputer anda.

Setelah anda selesai melakukan reboot pada komputer anda langkah selanjutnya yaitu melakukan test atau pengujian Apakah konfigurasi yang telah kita lakukan tadi berhasil atau belum.

Cara tes melakukan pengujian hasil konfigurasi Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10.

Langkah pertama buka halaman comanpromat  (CMD), dengan cara tekan tombol Windows + R lalu ketikkan tulisan cmd. Tekan enter.

Setelah halaman command prompt terbuka, silahkan ketikan perintah javac-version, kemudian tekan enter.

Jika Java SE Development kit (JDK) telah berhasil terkonfigurasi dengan benar maka anda akan melihat informasi pada layar Javac yang terpasang pada komputer anda. contoh seperti pada gambar berikut.

Selesai.

Itulah langkah-langkah tentang bagaimana cara melakukan instalasi JDK sampai melakukan setting dan konfigurasi environment pada Windows 10. dengan terpasangnya Java SE Development kit (JDK) pada komputer Windows 10 maka anda bisa langsung melanjutkan apa yang ingin anda lakukan terkait program tersebut. baik itu untuk pemrograman Java desktop ataupun Java Android studio untuk membangun aplikasi Android.

Mungkin hanya itu tutorial yang dapat saya tulis Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beginilah Cara Install Dan Setting Java SE Development kit (JDK) pada Windows 10. Lengkap"

Posting Komentar