Cara Menginstal Driver Printer Secara Manual Pada Windows 7.8.dan 10.

;
  Mungkin anda yang di sini baru saja membeli sebuah printer, dan biasanya printer tersebut sudah disertakan sebuah DVD driver yang bisa anda install secara otomatis dengan hanya melakukan double klik atau menjalankan file Setup.exe pada komputer atau PC, lalu driver tersebut akan terpasang secara otomatis, dan printer tersebut bisa digunakan untuk mencetak atau mengeprint foto, ketikan dokumen, mencetak file PDF atau yang lainnya.

  Lalu Bagaimana jika file setup.exe tidak tersedia pada driver printer tersebut ?. sedangkan anda tidak punya file driver lainnya yang tersedia dalam bentuk file setup. dalam kondisi yang seperti ini anda harus melakukan instalasi driver printer tersebut secara manual.
  2 Hari yang lalu saya mendapatkan tugas untuk memasang printer tanpa driver tersebut agar bisa dipakai dan tidak menganggur sia-sia.

  Jujur Saja, saya kesulitan dalam mencari driver untuk printer Lenovo LJ2400 Pro tersebut karena pengalaman saya yang sudah sudah Lenovo tidak memproduksi printer. dan bahkan website Lenovo resmi dari Cina pun tidak pernah menyebutkan kalau Lenovo mempunyai produk berupa printer.

  Setelah pusing kesana-kemari mencari driver dan membutuhkan waktu beberapa jam, Akhirnya saya menemukan driver untuk printer Lenovo LJ 2400 tersebut. namun di sini driver yang tersedia hanya berupa barisan file dengan ekstensi.dl .da. ch. INF dan begitu seterusnya.

  Dengan driver yang hanya berupa beberapa file seperti itu, kita Tentu saja tidak bisa melakukan instal driver secara otomatis. Namun kita harus menginstal driver printer dengan cara manual agar printer LaserJet tipe 2400 Pro tersebut bisa digunakan untuk mencetak.

  Oke Mari kita langsung saja ke topik pembahasan tentang tutorial cara melakukan instal driver printer secara manual pada Windows 10. Windows 7. dan Windows 8. Tenang saja cara ini tidak jauh berbeda, namun tetap dapat mengikuti tutor ini sampai selesai.

Cara instal driver printer secara manual pada Windows 7.8.dan 10.

1. Terlebih dahulu Nyalakan printer dan hubungkan kabel atau data USB printer ke komputer.

2. Selanjutnya buka Device Manager pada komputer atau laptop yang akan diinstal driver printer. pada device manager tersebut anda akan menemukan device atau perangkat baru yang berupa printer, namun masih disertai dengan tanda tanya.

  Hal ini menunjukkan bahwa printer belum dikenali oleh perangkat komputer atau windows. karena driver printer tersebut belum terpasang.

3. Pada perangkat yang ditandai dengan tanda tanya, silahkan Klik Kanan lalu kemudian pilih update driver. contoh seperti pada gambar berikut.
4. Langkah selanjutnya akan muncul halaman baru yang menyediakan dua pilihan, langsung saja klik pilihan yang kedua. yaitu Browse my computer for driver software. contoh seperti pada gambar berikut.
5. Langkah Selanjutnya silakan klik pada pilihan Let me pick from a list of available drivers. seperti pada gambar dibawah ini.
6. Langkah Selanjutnya silakan Pilih jenis perangkat yang akan anda install yaitu printers, lalu Klik tombol Next untuk melanjutkan. seperti pada gambar berikut.
7. Pada tahap berikut pilih atau klik pada tombol have disk. lalu Klik tombol next untuk melanjutkan proses selanjutnya. contoh seperti pada gambar dibawah.
8. Langkah berikutnya, Anda akan melihat tampilan layar baru yang berguna untuk memilih driver dari komputer. Arahkan pada driver yang anda miliki. file yang harus anda pilih yaitu dengan ekstensi. INF, lalu kemudian klik pada tombol open. contoh seperti gambar dibawah.
9. Langkah berikutnya, anda melihat jendela yang bernama install from disk, silahkan klik pada tombol ok. seperti gambar berikut.
10. Selanjutnya Anda pilih tipe printer yang akan anda gunakan. lalu klik pada tombol next. contoh printer tersebut seperti pada gambar berikut.
11. Langkah selanjutnya, anda akan melihat peringatan update driver warning. silahkan anda klik yes untuk melanjutkan ke proses instal driver printer. seperti pada gambar berikut.
12. Silahkan tunggu hingga beberapa detik dan proses instalasi driver pada komputer, proses instalasi driver printer akan segera berhasil dipasang atau diinstal yang ditandai tulisan Windows has successfully update drivers. silahkan anda klik pada tombol close untuk menutup jendela tersebut.
13. Jika driver printer telah berhasil dipasang, anda tidak lagi melihat tanda peringatan ada device manager windows anda.

14. Selesai.

  Selain driver device manager, kamu bisa juga melihat perbedaan antara driver perangkat printer yang sudah terpasang atau belum, dari device in printer dikontrol panel windows. sepenggal cara sebagai berikut.

Cara melihat apakah driver printer sudah terpasang atau belum pada komputer.

1. Buka pada halaman control panel, pilih hardware and sound, lalu pilih device and printers.

2. Pada halaman device printer, kamu akan melihat perangkat printer yang terpasang pada windows anda.

3. Jika printer belum terpasang atau terinstall, akan ada beberapa kategori UNSPECIFIED namun jika driver printer telah terpasang maka printer tersebut akan berada pada kategori printer. anda bisa membedakannya seperti pada gambar dibawah.
  Demikianlah cara untuk menginstal driver printer secara manual pada komputer ataupun windows, dengan melakukan install driver maka printer akan dapat anda gunakan sebagaimana mestinya, seperti mencetak foto, mencetak dokumen pada file hasil ketikan microsoft word, atau yang lain sebagainya.

  Oke mungkin demikianlah tutorial dari Tehnisikecil.com sampai jumpa dan bertemu lagi pada artikel berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menginstal Driver Printer Secara Manual Pada Windows 7.8.dan 10."

Posting Komentar