Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Baterai yang Ada Saat Ini Tehnisikecil.com


   Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Baterai yang Ada Saat Ini – Pasti anda semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya baterai bukan? Ya, baterai merupakan sebuah alat atau benda yang dapat digunakan untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Kita bisa dengan mudah menjumpai benda yang bernama baterai dalam kehidupan sehari-hari.

  Di era teknologi ini, keberadaan baterai sangat erat dalam kehidupan manusia. Misal di smartphone yang kita gunakan terdapat baterai, di jam dinding yang kita miliki terdapat baterai, remote TV juga memerlukan baterai, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika kita amati, masing-masing baterai memiliki bentuk yang berbeda-beda.

  Wajar saja memang karena ada banyak sekali jenis baterai yang ada di dunia saat ini, mulai dari baterai alkali, baterai lithium, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, pada kesempatan yang sangat bagus ini belajarelektronika.net akan mengajak sobat semua melihat info anyar mengenai pengertian, fungsi, dan juga jenis-jenis baterai.

Pengertian Baterai
  Kita mulai dulu dari pengertiannya. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya bahwa baterai adalah sebuah benda yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan oleh baterai ini sama seperti accumulator, yakni listrik searah alias DC. Jumlah listrik yang dihasilkan tergantu seberapa besar baterai tersebut.

Fungsi Baterai
  Sedangkan fungsi baterai dalam kehidupan sehari-hari sangat bermacam-macam. Hampir semua alat elektronik yang sifatnya mobile perlu baterai sebagai supplay energi. Sebut saja HP, remote TV, senter, power bank, drone, dan lain sebagainya. Semua alat-alat tersebut membutuhkan baterai agar bisa bekerja.

Jenis-jenis Baterai

  Sampai tahun 2018 ini tercatat ada beberapa jenis baterai yang bisa kita temukan di pasaran. Namun dari banyaknya jenis baterai tersebut, bisa dikategorikan menjadi dua macam. Yang pertama adalah baterai primer, dan yang kedua adalah baterai sekunder. Baterai primer bisa dibilang sebagai baterai sekali pakai. Sedangkan baterai sekunder adalah baterai yang bisa dicharge.

Yang termasuk golong baterai primer adalah baterai jenis Zinc-Carbon, Alkali, Lithium, dan Silver Oxide. Harga baterai primer ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan baterai sekunder. Sedangkan yang termasuk baterai sekunder adalah baterai jenis Ni-Cd, Ni-MH, dan juga Li-ion. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis baterai tersebut.

Macam-macam Baterai Primer : 

  • Baterai Zinc-Carbon
  • Baterai Alkali
  • Baterai Lithium
  • Baterai Silver Oxide
  • Baterai Ni-Cd
  • Baterai Ni-MH
  • Baterai Li-ion
  Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan jenis jenis baterai yang ada saat ini. Semoga informasi tadi bisa menambah wawasan anda di dunia elektronika, terutama seputar macam-macam baterai. Silahkan share jika memang informasi ini dirasa bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang.

0 Response to "Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Baterai yang Ada Saat Ini Tehnisikecil.com"

Posting Komentar

1.Berkomentar yang sopan dan jangan spaming!
2.Dilarang Berkomentar yang mengandung unsur pornografi!
3.Komentang yang mengandung cemooh akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel