Cara mengatasi OTG tidak terbaca di Smartphone Android tanpa root

  Mungkin dari teman-teman semua banyak yang bertanya Bagaimana cara mengatasi USB OTG tidak bisa terbaca di HP Android. Sebagai pengguna smartphone Android tentu kita pernah mengalami masalah pada konektivitas USB OTG yang error seperti tidak terbaca sama sekali. Tidak berfungsi maupun USB OTG tidak terdeteksi pada smartphone Android kamu. Jika sudah terjadi error pada USB OTG, mungkin kamu akan mengira sudah terjadi kerusakan pada kabel ataupun flashdisk yang kamu vonis rusak. Ten lebih-lebih lagi perangkat smartphone Android Kamu rusak. Untuk itu kamu perlu menganalisa sumber permasalahan yang membuat USB OTG tidak dapat terbaca di smartphone Android.

  Walaupun USB OTG tidak terbaca di smartphone Android marshmallow yang paling sering terjadi namun tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi pada sistem operasi smartphone OS Android lainnya. Biasanya tanda-tanda terjadinya USB OTG tidak berfungsi, adalah notifikasi Android dan flashdisk sudah tidak terdeteksi sama sekali. Namun Flashdisk tidak dapat connect dengan smartphone Android, Lantas apa yang akan terjadi atau penyebab apa USB OTG tidak bisa terkonek yang berakibat flashdisk OTG tidak terbaca di smartphone Android kamu. Pada dasarnya sistem penyimpanan flashdisk yang akan dihubungkan tidak cocok dengan smartphone sehingga flashdisk yang akan kamu masukan sulit untuk dibaca, Hal itulah yang menjadi penyebab USB OTG tidak bisa dibaca oleh smartphone.

  Oleh karena itu Pada kesempatan kali ini Tehnisikecil.com akan mencoba berbagi tips untuk memperbaiki fitur OTG yang tidak dapat terdeteksi pada smartphone Android kamu. Namun untuk melakukan tips-tips agar flashdisk dapat terdeteksi di smartphone Android kita memerlukan bantuan perangkat komputer. Hal ini dikarenakan kita akan melakukan format pada flashdisk yang akan kamu pakai yang tidak dapat berfungsi dengan menggunakan jenis format yang berbeda. Mari kita langsung simak ulasan mengenai solusi agar flashdisk dapat terbaca di smartphone Android yang akan saya ulas secara detail.


Solusi USB OTG tidak terbaca di Android


  Namun sebelum kita melakukan pemformatan dengan jenis format yang berbeda pada flashdisk yang akan kamu gunakan. Kita dapat memastikan masalah USB OTG tidak bisa terhubung atau connect menggunakan beberapa aplikasi smartphone OS Android. Dibawah ini ada beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui solusi dan penyebab USB/media lainnya tidak bisa terhubung kabel OTG diantaranya sebagai berikut.

1. OTG troubleshooter
  Aplikasi OTG troubleshooter berfungsi untuk mendeteksi dan memberikan solusi pada masalah yang kamu hadapi saat ini dan tentunya berkaitan dengan kabel OTG HP Android yang kamu miliki. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa aplikasi ini tidak akan menampilkan file pada driver USB, melainkan hanya akan memverifikasi Apakah kabel OTG yang akan kita hubungkan masih dalam kondisi baik dan support dengan ponsel Android atau tablet Kita. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi tersebut.

  • Pertama melepaskan kabel OTG kita ketika diminta oleh program
  • Setelah itu langsung kamu sambungkan kabel OTG ketika diminta oleh program tersebut. Denjika semuanya OK kita akan mendapatkan 4 tanda centang hijau.
  • Jika tidak ada masalah yang terjadi atau kita mendapatkan kurang dari 1 cek hijau ketuk info untuk mengetahui deskripsi masalah rusak tersebut.

2. OTG status
  Selain itu juga masih ada aplikasi lainnya yaitu OTG status yang di mana bisa kita miliki Dan kita manfaatkan fungsinya. Cara kerjanya pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, OTG trouble Shooter Anda bisa melihat dari aplikasi ini yang berguna untuk mencari tahu apakah smartphone atau tablet mendukung kabel OTG.

Akan tetapi jika dengan pengecekan yang didapat dari aplikasi-aplikasi OTG di atas memang menyatakan masalah dan tidak bisa berfungsi seperti layaknya fitur USB Android yang bermasalah dari flashdisk. Maka kita perlu untuk melakukan penghormatan terhadap USB FD tersebut.

Solusi agar flashdisk OTG dapat terbaca di HP Android kamu.

1. Hubungkan flashdisk ke PC ataupun laptop melakukan back up data terlebih dahulu.

  Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah dengan menggunakan make up atau menyimpan data yang ada pada flashdisk sebelum anda format. Film ini yang bertujuan agar proses pada langkah berikutnya akan normal. Hal ini akan menghapus semua data yang ada pada flashdisk OTG tersebut.

2. Pilih format


  Untuk kamu yang memperbaiki USB OTG yang tidak berfungsi ataupun tidak terdeteksi di hp Android kita perlu melakukan perubahan format pada flashdisk yang kamu gunakan pada smartphone Android dengan cara-cara berikut.

  • Klik Kanan mouse pada partisi flashdisk. Lalu pilih format.

3. Ubah jenis file NTFS menjadi Fat32 (default)

 

Kemudian kita rubah jenis file system dari NTaFS ke Fat32 (default) lalu tekan Star.

4. Tunggulah sampai proses selesai.

Setelah proses perubahan format Anda selesai kita perlu untuk mencobanya dengan menghubungkan versus pada ponsel Android menggunakan OTG kembali. Dan pastikan juga notifikasi error tidak muncul kembali dengan begitu proses yang kita lakukan telah berhasil.

NOTE: jika cara ini tidak berhasil, berarti memang HP Android yang kita miliki tidak support dengan kabel OTG yang kamu miliki.

  Demikianlah artikel yang cukup sederhana untuk memperbaiki USB OTG tidak terdeteksi di HP Android yang kamu miliki. Semoga dengan cara diatas dapat membuat flashdisk terbaca kembali pada smartphone yang kamu miliki. Terima kasih telah membaca sampai selesai.

0 Response to "Cara mengatasi OTG tidak terbaca di Smartphone Android tanpa root"

Posting Komentar

1.Berkomentar yang sopan dan jangan spaming!
2.Dilarang Berkomentar yang mengandung unsur pornografi!
3.Komentang yang mengandung cemooh akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel