Skema Speaker Aktif Sederhana

;
  Skema speaker aktif merupakan gambaran atau contoh dalam bentuk gambar rangkaian elektronika sehingga memudahkan Anda membuat speaker aktif. Speaker aktif berguna untuk memperkuat sinyal audio yang beasal dari smartphone, MP3 player, laptop, komputer.
Pengertian Speaker Aktif
Speaker adalah salah satu peralatan penting yang harus ada pada audio untuk menghasilkan kualitas suara yang baik. Terdapat beberapa jenis speaker yang bisa kita jumpai di pasaran, yakni speaker aktif, speaker pasif serta powered.

Speaker Aktif
  Komponen crossover yang terdapat di dalamnya membagi frekuensi menjadi  beberapa sinyal yang lebih kecil, yakni sinyal rendah, sinyal sedang, serta sinyal tinggi. Selanjutnya sinyal-sinyal tersebut dikirim menuju driver individual yang diatur untuk menangani frekuensi-frekuensi tersebut sehingga tidak ada frekuensi yang hilang meskipun terjadi pemisahan. Speaker aktif mempergunakan komponen crossover dan amplifier yang bertenaga pada tiap drivernya.

Speaker Pasif
  Speaker ini mempunyai komponen crossover pasif dengan kemampuan yang hampir serupa dengan speaker aktif. Perbedaannya, speaker pasif mengirimkan sinyal menuju driver loudspeaker secara langsung menggunakan beberapa komponen, yakni kapasitor, resistor dan induktor yang membagi sinyal. Selanjutnya, juga akan mengirimkan tiap-tiap frekuensi menuju tiap-tiap driver. Jenis speaker pasif juga memiliki amplifier terpisah yang mengirim seluruh sinyal audio menuju speaker.

Speaker Powered  Merupakan speaker yang memiliki amplifier di dalamnya. Speaker powered hampir serupa dengan speaker aktif namun mempunyai kualitas yang masih berada di bawah speaker aktif.

Contoh Skema Speaker Aktif

Salah satu contoh skema speaker aktif adalah seperti berikut ini:

 Contoh speaker aktif diatas  mempergunakan port USB 5VDC yang berfungsi sebagai sumber tegangan. Hal ini akan membantu menghasilkan mobilitas speaker aktif menjadi lebih baik. Sebenarnya juga bisa menggunakan baterei sebesar 6V atau 9V sebagai sumber tegangan namun hal ini akan membuat rangkaian speaker aktif tidak mampu bertahan lama sebab baterei akan lebih cepat habis terutama saat amplifier bekerja secara maksimal. Jadi penggunaan sumber tegangan DC 5VDC tersebut dinilai lebih baik dan bisa langsung dihubungkan pada laptop melalui port USB.

Anda bisa memperhatikan skema speaker aktif yang tersaji tersebut. Anda dapat membuatnya sendiri karena terbilang sangat sederhana dan mudah membuatnya. R1 serta GND adalah input sumber tegangan yang selanjutnya dihubungkan dengan port USB. Lalu R2 dan GND merupakan input sinyal audio yang akan diperkuat.

Potensiometer (R2) berguna untuk mengatur volume sehingga menghasilkan kualitas suara seperti yang diinginkan. Selanjutnya kapasitor (C1) akan menstabilkan tegangan DC lalu membuang arus yang tidak dibutuhkan dari IC LM386. Perhatikan bahwa saat pemasangan C1 harus berada sedekat mungkin dengan kaki IC.
Komponen yang Dibutuhkan:
  • IC LM386
  • Jack Audio 3,5mm
  • Socket IC 8 pin
  • Kapasitor 220µF sebanyak 2 buah
  • Resistor 10 Ohm (Ω)
  • Potensiometer 10K
  • PCB matriks (PCB titik)
  • Speaker kecil 8 ohm (Ω) 1 watt
  Rangkaian speaker aktif ini untuk jenis mono, maka jika Anda ingin membuat rangkaian stereo  buatlah dua buah rangkaian dengan menggunakan komponen yang sama.

Merakit Speaker Aktif
  Siapkan port USB atau Anda bisa mengambil dari bekas mouse. Terdapat 4 buah kabel dengan empat warna, yakni meah, putih, hijau, dan hitam. Yang dibutuhkan dalam membuat rangkaian speaker aktif hanyalah kabel warna merah dan warna hitam saja.
 
Pada bagian input sinyal audio gunakan jack audio 3,3mm stereo lalu empat jalur kabel yang terdapat di dalam kabel jack audio stereo untuk bagian groud dijadikan satu sehingga menjadi 3 jalur kabel, yani kanal kanan, kanal kiri serta ground.
 
Sebagai casing (box), Anda bisa menggunakan kotak plastik atau bekas cat berbentuk silinder, yang terpenting seluruh rangkaian dapat masuk ke dalam casing.

Demikian salah satu contoh skema speaker aktif sebagai gambaran untuk merangkai speaker aktif. Semoga bermanfaat untuk anda semua jika ada yang perlu di pertanyakan anda bisa tinggalkan coretan pada kolom komentar paling bawah.......


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Skema Speaker Aktif Sederhana"

Posting Komentar