Penyebab Suara TV Hilang dan Cara Mengatasinya Tehnisikecil.com

;
 Penyebab Suara TV Hilang dan Cara Mengatasinya – Masih seputar TV. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis kerusakan TV mulai dari mati total, gambar tidak bisa jernih, tidak bisa menangkap siaran, muncul garis vertikal maupun horizontal, sampai dengan TV tidak mau memunculkan suara.

Masing-masing masalah atau kerusakan yang dialami TV tersebut tentu harus ditangani dengan cara yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semuanya untuk melihat informasi mengenai penyebab suara TV hilang dan bagaimana cara mengatasinya.

Kerusakan hilangnya suara TV ini bisa saja terjadi di berbagai jenis TV mulai dari TV tabung, LCD, maupun LED. Sedangkan merknya pun bermacam-macam. Bisa terjadi di TV merk LG, Samsung, Sony, Toshiba, Sharp, Phillips, Polytron, atau bahkan TV merk China seperti Changhong, Akari, Sakura, dan lain sebagainya.

Penyebab Suara TV Hilang

TV yang suaranya hilang atau tidak muncul bisa disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah karena terjadi kerusakan atau masalah pada sistem loudspeaker seperti putusnya kumparan speaker. Selain itu suara TV yang hilang juga bisa disebabkan karena ada kerusakan pada IC power, meskipun untuk yang satu ini jarang terjadi.

Hilangnya suara speaker televisi juga bisa disebabkan karena perubahan pada catu daya IC suara akibat beberapa masalah seperti dioda yang putus atau bocor, resistor yang putus, ataupun jalur PCB yang tidak tersambung sempurna. Jika yang rusak sistem loadspeakernya, anda hanya perlu menggantinya dengan speaker baru.

Cara Memperbaiki Suara TV Hilang

Apabila kerusakan terjadi di bagian lain, anda perlu melakukan diagnosa sebelum memulai tahap perbaikan. Oke, berikut ini step by step bagaimana cara memperbaiki TV yang hilang suaranya. Silahkan lakukan step by step tersebut untuk memperbaiki TV anda yang tidak bisa memunculkan suara.

1. Periksa Input TV

Sebelum anda mulai membuka casing TV, pastikan dulu input TV sudah dalam keadaan normal. Jangan sampai kondisi TV anda dalam keadaan mute. Cara mengembalikan TV agar tidak mute bisa dengan menggunakan remote atau bisa juga menggunakan tombol yang anda di TV. Tinggal pencet saja tombol mute atau tombol volume up.

2. Cek Tegangan di Jalur Audio


Langkah selanjutnya silahkan bongkar casing TV anda dan periksa tegangan yang ada di jalur audio. Biasanya tegangan normal yang ada di jalur audio berkisar antara 12 sampai dengan 15 volt DC. Jika tegangan tidak ada sama sekali, kurang atau lebih dari batas tegangan tersebut, kemungkinan ada kerusakan pada power ataupun komponen sekitar.

3. Periksa IC Control dan Audio

Jika langkah kedua sudah anda lakukan namun kondisinya baik-baik saja, anda bisa mencoba memeriksa IC control dan IC audio. Biasanya kerusakan yang menyebabkan TV tidak memunculkan suara berada pada kedua komponen tersebut. Untuk memeriksanya anda cukup menyentuhnya, dan amati apakah ada respon atau tidak. Jika terjadi kerusakan, bisa langsung ganti IC nya.

4. Cek Loudspeaker


Setelah anda melakukan pengecekan terhadap tiga bagian tadi, namun semuanya normal. Kemungkinan kerusakan terjadi pada sistem loadspeaker. Oleh karena itu silahkan ganti hardware loadspeaker yang rusak dengan yang baru. Dijamin TV anda akan bisa memunculkan suara kembali.

Bagaimana, cukup gampang bukan terutama bagi pemula? Semoga informasi singkat mengenai penyebab suara TV hilang dan cara mengatasinya tadi bisa memberkan manfaat bagi para pembaca semua, utamanya yang sedang mengalami masalah serupa. Cara ini bisa diaplikasikan baik di TV tabung, plasma, LCD, maupun LED.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Suara TV Hilang dan Cara Mengatasinya Tehnisikecil.com"

Posting Komentar