Cara Mencegah Hardisk Laptop Rusak Atau Band Sector

;
  Peran pentingnya sebuah CPU dan GBU dalam memberikan performa kecepatan, hardisk juga salah satu komponen penting yang ada di dalam laptop ataupun PC. tanpa hardisk kamu jelas akan kesulitan dalam menyimpan data.

  Mengingat peran pentingnya sebuah hardisk, maka kamu harus mencegah hardisk laptop Kamu rusak atau ban sector, maka kamu perlu melakukan langkah-langkah khusus untuk mencegah terjadinya kerusakan pada hardisk.

Cara mencegah hardisk agar tidak bad sector.

   Banyaknya penyebab secara fisik yang membuat hardisk rusak atau bad sector, seperti benturan, namun ada juga penyebab dari sisi software seperti antivirus, untuk mencegah hal itu terjadi Coba lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Jangan mematikan laptop tanpa shutdown.

   Saat kamu memilih shutdown. laptop akan menyimpan semua proses yang telah kamu kerjakan ke dalam harddisk, Jika kamu mematikan laptop ataupun PC secara tiba-tiba kinerja hardisk tanpa shutdown, hardisk jadi kaget dan akan memberikan kerusakan pada silinder hardisk tersebut.


  Selain Kebiasaan tadi, Jika kamu sering mematikan laptop tanpa melalui shutdown, registry jadi berantakan, hal ini akan membuat performa hardisk itu menjadi melemah dan tidak menutup kemungkinan hardisk akan rusak.

2. Rutin defrag hardisk.

   Proses penggunaan aplikasi, browsing, membuat dan membuka dokumen, terkadang membuat beberapa file jadi terpecah/defrag ke hardisk, untuk solusi nya, kamu bisa melakukan defrag hardisk.


  Defrag hardisk sangatlah penting dilakukan agar performa hardisk laptop ataupun PC kamu tetap terjaga, agar semakin optimal dan tidak merusak harddisk kamu,

3. Partisi hardisk.

   Saat kalian pertama menginstal sistem operasi pada laptop ataupun pc, kamu selalu meminta membuat partisi, partisi tersebut sangatlah penting untuk mencegah hardisk PC ataupun laptop Kamu rusak.


  Dengan melakukan partisi hardisk, maka kamu akan lebih bijak menggunakan nya saat menginstal aplikasi ataupun menyimpan data, Jangan biarkan hardisk penuh, karena tidak menuntut kemungkinan resiko penurunan performa akan semakin cepat saat hardisk penuh.

4. Hindari benturan dan goncangan yang terlalu keras.


   Setelah bicara dari segi teknis, untuk melindungi hardisk PC ataupun laptop agar tidak cepat rusak adalah dengan menjaga agar tidak terjadi benturan ataupun guncangan yang terlalu keras. goncangan dan benturan yang terlalu keras akan membuat komponen pada laptop menjadi terganggu, termasuk hardisk. untuk mencegah hal itu terjadi, simpanlah selalu laptop di tempat yang aman dari goncangan yang kencang.

5. Hindari memakai laptop di atas kasur ataupun bantal.

   Selamat digunakan, processor dan VGA laptop kamu akan terasa panas. panasnya permukaan laptop akan tersimpan dan tidak mengalir kalau kamu meletakkannya di atas kasur ataupun bantal. dampaknya, komponen di dalam laptop akan menjadi overhead (panas yang berlebihan)


  Suhu permukaan yang terlalu panas akan memicu terjadi kerusakan pada komponen di dalam laptop. jadi tidak menutup kemungkinan laptop kamu akan mengalami cepat rusak. termasuk hardisk. untuk mencegah itu sebaiknya gunakan laptop di permukaan datar seperti lantai, meja ataupun gunakan USBcoolik pad untuk membuang panas yang dihasilkan dari permukaan laptop.

6. Pasang antivirus.


   Bukan hanya karena masalah pengoperasian saja. hardisk juga bisa rusak karena serangan virus. untuk mencegah terjadinya serangan virus yang mematikan, coba install antivirus komputer yang menurut kamu baik.

  Itulah tadi langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada hardisk laptop maupun PC kamu. Kamu mungkin tidak mau jika PC ataupun laptop Kamu tiba-tiba rusak. dan untuk mencegah kerusakan tersebut Anda bisa ikuti langkah-langkah diatas secara rutin untuk memperpanjang umur laptop ataupun PC kamu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah Hardisk Laptop Rusak Atau Band Sector"

Posting Komentar