Solusi dan cara menghapus memory internal yang penuh pada android

;
  Pada kesempatan malam hari ini saya akan berbagi tentang solusi dan cara menghapus memori internal yang penuh di dalam smartphone Android. padahal aplikasi yang terinstal hanya sedikit. akhir-akhir ini sempat agak heran kenapa ponsel Android saya memori internal cepat sekali penuh padahal aplikasi yang saya pakai hanya sedikit dan biasa-biasa saja. lagi pula aplikasi-aplikasi tersebut sudah saya pindah ke memory SD card. dan bahkan saya juga menghapus sebagian besar foto dan video beserta rekaman yang ada pada smartphone Android saya. ternyata setelah pengecekan lebih lanjut di menu stroge pada system setting, hasilnya tetap "zonk" dan memori internal tetap saja penuh. seperti pada gambar dibawah ini.


  Dan untuk memeriksa lebih jauh saya coba menghubungkan smartphone Android ke PC melalui kabel USB. setelah file di cek satu persatu. ternyata yang membuat penuh memori internal hp Android saya adalah sebuah folder yang bernama "thumbnail". yang menjadi tanda tanya pada pikiran saya adalah "apa folder thumbnail tersebut ?"dari Seberapa pentingkah isi di dalam folder untuk Android. dan Apa akibatnya jika folder tersebut dihapus. Mari kita simak ulasan dibawah ini.


Mencari tahu tentang folder "thumbnail"yang menghabiskan sebagian internal Android.

  Folder "thumnail"merupakan sebuah folder yang terletak di dalam folder DCIM yang terdapat di dalam memori internal Android. Folder "thumbnail"merupakan folder yang berisikan file "thumbdata"dan icon-icon foto/gambar dengan resolusi kecil yang muncul dalam folder DCIM atau Galeri. dan fungsi dari icon-icon yang berada pada folder thumbnail tersebut adalah untuk menyimpan icon foto dan gambar di galeri. sehingga saat kita membuka galeri maka proses loading lebih cepat. Selain itu gambar atau foto yang dihapus sebelumnya juga masih ada duplikatnya pada folder thumbnail ini.

  Namun kerugian yang ditimbulkan adalah. file yang berada di dalam folder thumbnail berukuran sangat besar dan bisa mencapai 1 GB. tentu saja akan lebih besar lagi jika Anda suka menyimpan banyak gambar dan foto pada perangkat smartphone Android Anda. dengan banyaknya kapasitas memori internal ini tentu akan menyulitkan saat kita menginstal aplikasi jarum atau menyimpan data baru. mengingat memori internal pada smartphone Android sangat kecil.

  Nah..... untuk mengatasi memori internal Android yang penuh tersebut kita harus menghapus semua file yang berada di dalam folder thumbnail. serta Apa akibat yang ditimbulkan jika menghapus file di dalam folder thumbnail? pengaruh yang terjadi ketika anda mencoba menghapus folder thumbnail adalah proses membuka foto di dalam aplikasi galeri akan menjadi lambat. namun ini hanya akan terjadi sewa saat saja. dan akan kembali normal setelah anda membuka galeri tersebut.

dan masalah lain akan kembali muncul ketika anda membuka galeri. secara bertahap folder thumbnail akan menghabiskan memori lagi. sehingga yang harus anda lakukan adalah dengan menghapus file yang ada di dalam folder thumbnail tersebut. sampai berulang kali.

Solusi menghapus file folder "thumbnail" di dalam Android.

Anda bisa menghapus thumbnail langsung dari perangkat Android atau lebih mudahnya Anda menggunakan PC dan berikut langkah-langkahnya di bawah ini.

Menghapus memori internal di dalam smartphone Android.

1.Buka file manager lalu pilih internal stroge_selanjutnya Buka folder DCIM. seperti pada gambar di bawah ini.


2.Lalu Buka folder thumbnail dan anda Hapus semua file yang berada di dalamnya.



MENGHAPUS MEMORI INTERNAL MENGGUNAKAN PC/LAPTOP.

Hubungkan smartphone Android Anda dengan menggunakan kabel USB bawaan HP.
  • melalui Buka Explorer 
  • langkah selanjutnya pilih media penyimpanan Android Anda. 
  • Buka folder DCIM_lalu hapus file yang berada di dalam folder thumbnail.

Begitulah Solusi dan cara menghapus memory internal yang penuh pada android. selain dari folder thumbnail penyebab memori internal pada Android penuh adalah terlalu banyak file yang anda simpan atau terlalu banyak aplikasi yang anda install. Jika boleh saya sarankan Pergunakanlah aplikasi seperlunya saja. agar kinerja Android tetap optimal semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mengalami permasalahan tersebut.

jika permasalahan diatas tidak juga mengeluarkan solusi maka Jalan satu-satunya Anda bisa melakukan flashing ke dalam smartphone Android Anda.

Subscribe to receive free email updates: