Pengertian tentang listrik

;


Listrik merupakan rangkaian sekumpulan fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik bisa menimbulkan berbagai macam efek yang telah biasa kita ketahui, Contohnya seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang sinyal radio.

Di dalam ilmu listrik, muatan menghasilkan Medan elektromagnetik yang dikumpulkan ke muatan lainnya. Listrik muncul akibat adanya beberapa efek fisika. Seperti


  • Muatan listrik: sifat beberapa partikel subatomik yang dapat menentukan interaksi elektromagnetik substansi yang memiliki muatan listrik dan dapat menghasilkan dan bisa mempengaruhi Medan elektromagnetik dari suatu benda.
  • Medan listrik. Tipe Medan elektromagnetik sebenernya sederhana yang dapat ditimbulkan oleh muatan listrik ketika diam( maka tidak ada arus listrik) medan listrik menghasilkan gaya ke muatan lainnya.
  • Potensial listrik. Kapasitas di dalam medan listrik untuk melakukan kerja pada sebuah muatan listrik, biasanya diukur menggunakan Volt
  • Arus listrik. Aliran atau perpindahan arus partikel bermuatan listrik. Yang biasa diukur dalam ampere
  • Elektromagnetik. Muatan berpindah yang dapat menghasilkan medan magnet. Arus listrik menghasilkan medan magnet dan diubah medan magnet menghasilkan arus listrik.
  • Tenaga listrik yang digunakan untuk menghidupkan peralatan elektronik
  • Elektronik. Yang berhubungan dengan sirkuit listrik dan melibatkan komponen listrik aktif. Contohnya tabung vakum. Transistor. Dioda dan sirkuit terintegrasi

Fenomena listrik telah dipelajari sejak zaman purbakala, meskipun pemahaman secara teoritis nya berkembang tempat sampai abad ke 17 dan 18. Namun Meskipun begitu, aplikasi praktisnya saat ini masih sedikit sekali, Inka sampai abad akhir ke 19 para insinyur dapat memanfaatkannya pada industri dan rumah ke rumah. Perkembangan yang cukup luar biasa cepat pada teknologi listrik mengubah industri dan masyarakat. Fleksibilitas daya listrik yang amat beragam dapat menjadikan penggunanya yang hampir tak terbatas seperti telekomunikasi, penerangan, pemanasan, transportasi dan komputasi, tenaga listrik disaat adalah menjadi tulang punggung masyarakat industri modern, yang semuanya bergantung pada listrik, dan dikarenakan semua aliran listrik masuk ke dalam peralatan industri mereka.

Pranala luar

Referensi

Satuan satuan S1 listrik

Berkawan dengan listrik

Konsep listrik

Sejarah listrik

Subscribe to receive free email updates: