Cara merawat laptop agar batery awet tahan sampai 4 tahun

;
Merawat komponen laptop- memang terkadang bisa dibikin gampang gampang susah. Ya Semua ini tergantung dari diri sendiri gimana cara memakainya dan serta perawatannya. Salah satu komponen dari laptop yang paling menjadi peran penting ada pada baterainya, baterai memang sangat dibutuhkan bagi merek yang punya mobilitas tinggi. Misalnya untuk mengerjakan tugas, browsing sambil cari wi-fi gratisan akhirnya Jalan kesana kemari, ataupun iseng-iseng buat nulis( baca ataupun ngetik) kaya yang saya lakuin pada saat ini. Baterai juga sama kayak komponen-komponen yang lain, istilahnya punya usia masa pakai, masa usia pakai baterai biasanya Kisar antara dua sampai 4 tahun. Kalaupun ada yang lebih panjang lagi itu Anggap saja bonus. Sebelum saya kasih cara mengatasi baterai laptop supaya masa pemakaiannya bisa mencapai 4 tahun ataupun lebih, Saya mau kasih saran beberapa hal yang terkadang tidak kita sadari tempat memperpendek usia baterai laptop kita. Okelah langsung saja anda Simak dibawah ini.



Cara merawat baterai laptop agar bisa tahan lama

  • pemakaian laptop secara berlebihan, laptop tidak didesain untuk kebutuhan yang berat dalam kurun waktu yang cukup lama seperti untuk kebutuhan grafis, editing, ataupun bermain game. Sehingga apabila kita memaksakan laptop untuk kebutuhan kebutuhan yang membutuhkan resource besar seperti yang saya sebutkan tadi, maka akan menyebabkan konsumsi daya menjadi terkuras dan akan menyebabkan baterai menjadi cepat panas. Efek di dalam umur panjang nya juga akan mempengaruhi dalam hal kapasitas penyimpanan daya baterai itu sendiri.
  • jangan membiasakan daya baterai habis hingga 0%, menggunakan laptop sampai baterai kosong dapat meningkatkan wear level pada baterai itu sendiri, dan bisa juga memperpendek umur dari laptop anda, karena komponen-komponen yang tadi bekerja saat laptop digunakan, secara tiba-tiba mati karena kehabisan daya baterai
  • jangan kebiasaan mencharger baterai ketika ada ya sudah 100%. Membiarkan laptop terus di charger dalam kondisi baterai 100% bisa mengakibatkan dampak terhadap baterai itu sendiri, dan juga bisa mengurangi umur baterai laptop anda.

Oke? Kita sudah tahu hal-hal yang dapat menyebabkan baterai tidak dapat berumur panjang Karena kapasitas penyimpanan daya baterai laptop anda berkurang, memasuki acara yang ditunggu-tunggu, kita langsung saja membahas bagaimana cara menjaga baterai laptop agar umurnya dapat bertahan lama.

Cara agar baterai laptop tahan lama

Jangan meletakkan laptop di atas tempat yang sirkulasi udaranya kurang bagus contohnya di atas kasur, di Atas Bantal, hal tersebut akan menyebabkan baterai laptop menjadi overhead( panas berlebihan) segera charger laptop dalam keadaan mati hingga baterai terisi penuh.

Dan usahakan menggunakan stabilizer untuk menjaga agar tegangan listrik yang masuk ke dalam baterai stabil. Hal ini dapat membantu menghindarkan dari tegangan listrik yang naik turun yang dapat mempengaruhi kinerja baterai anda.

Jangan membiarkan daya baterai habis hingga 0%, jika baterai sudah limited segera Anda charger kembali.

Lakukan mencarger secara teratur dan juga jangan terlalu sering semisal Sebulan sekali.

Cek terus tingkat wear Level baterai kita. Dan saya menggunakan software HW monitor buat mengecek tingkat wear level yang ada di laptop saya.

Kira-kira begitulah sedikit cara merawat baterai laptop agar bisa tahan sampai 5 tahun syukur-syukur bisa lebih panjang lagi Amin. Mungkin hanya itu tutorial yang bisa saya bagikan Berhubung udah malem banget dan mata Ane udah sipit banget karena mengetik dari tadi. Okelah mungkin hanya cukup di sini aja ya kapan-kapan bisa disambung lagi kalau ada waktu yang luang semoga bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini.

Salam
Tehnisikecil.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara merawat laptop agar batery awet tahan sampai 4 tahun"

Posting Komentar