belajar mengenal komponen elektronik dasar beserta fungsinya

;
mengidentifikasi komponen ilektronik 

   Bagaimana cara memilih dan menemukan informasi untuk menemukan komponen elektonik yang masihbisa di pakai guna untuk mendaur ulang dari mainboard yang telah tidak bisa di pakai. kemungkinan masih bisadi pakai, hanya saja tidak semuanaya komponen bisa di pakai. kemungkinan besar komponen-komponen bisa didaur ulang lumayankan bisa untuk persediaan didalam lab (bengkel) anda.

   Anda bisa melihat dan memilih dari komponen elektro yang masih bagus dari segi fisik, namun kalau dari segi kondisi anda harus menguji cobanya ataupun mengukur dengan multitester. untuk mengenali jenis kompone yang masi bisa digunakan anda bisa lihat artikel ini sampai selesai. dan sekaligus bisa menjadi panduan cepat dalam mengenal komponen yang sulit di pahami. 




  Resistor merupaka komponen elektronik yang  memiliki dua pin pada ujung-ujung dan di desain untuk mengatur tegangan listrik dari arus yang masuk dengan resistensi tetentu/tahanan. dapat di produksi tegangan listrik dalam kedua pin. nilai tegangan dalam resistensi terhadap resistensi berbanding lurus dengan resistensi arus yang masuk. resistor memiliki kode warna dan nilai yang berbeda-beda. untuk mengetahui nya anda bisa lihat panduan di sini

  Salah satu komponen yang sering banyak di gunakan pada sirkuait elektronik. resitor dapat dibuat dari macam-macam film dan komponen. bahkan untuk kawat resistensi (kawat yang di buat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium)

potensiometers merupakan salah satu jenis resitor yang nilai resistensinya dapat di ubah-ubah sesuai dengan kebutuhan rangkaian elektronik atau kebutuhan pemakaian. potensiometers merupakan keluarga resistor yang yang tergolong dalam kategori fariable resistor. dilihat dari segifisik potensiometers erdapat dari 3 kaki terminal dengan 3 kaki terminal dengan shf atau tuas yang berfungsi untuk jalur masuk input,output dan ground. 

fungsi
dalam perlatan elektronik sering di temukan potensiometers yang berfungsi untuk mengatur volume di perangkat audio/video. seperti dvd player, mengatur terang gelap nya lampu, dan lain sebagainya.


   Kapasitor merupakan komponen elektronik yang dapat di gunakan sebagai penyimpan muatan arus listrik selain itujuga kapasitor dapat di gunakan untuk penyaring frekwensi. kapasitas Kapasitor dalam kemampuan nya menyimpan muatan listrik disebut fared (F). kapasitor jug memilki berbagai jenis fisik dan ukuran tergantung pada fisik masing-masing.kapasitor sendiri memilikidua macam jenis yaitu Kapasitor nonpolar dan Kapasitor polar (elektrolit).
  • kapasitor nonpolar.
merupakn jenis kapasitor yang memiliki kapasitas yang tetap. kapasitor ini memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. dan untuk pemasngan nyapun cukup mudah tanpa harus takut kalau terbalik. 
  • kapasitor polar (elektrolit)
sesuai dengan namanya kapasitor ini memiliki polaritas (kutub) pada kedua kakinya yaitu kutub positif(+) dan kutub negatif(-) kapasitor ini bisa dikelompokan dalam kapasitor yang memiliki nilai kapasitas yang besar. ledakan kapasitor dapat terjadi jika dalam pemasangan nya terbalik atau tegangan yang di berikan oleh kapasitor ini melebihi tegangan maksimum.

   Induktor, merupakan komponen yang bersifat pasif yang sering di temukan dalam rangkaian elektronika terutama pada rangkaian yang berkaitan dengan frekwensi radio. induktor atau nama lain disebut Coil. merupakan komponen elektronik terdiri dari beberapa lilitan kawat yang membentuk sebuah kumparan. pada dasarnya induktor dapat menimbulkan magnet jika di aliri dengan aruslistrik. medan magnet yang di timbulkan dapat menyimpan energi dalam waktu yang relatif singkat. dasar dari induktor adalah berdasarkan hukum induksi faraday. 
Nilai induksi sebuah induktor (coil) tergantung pada 4 faktor. diantara nya.
  • Jumlah lilitan. Semakin banyak lilitan semakin tinggipula induksinya.
  • Diameter induktor. Semakin besar diameter semakin tinggi induksinya.
  • Permeabilitas inti. Bahan inti yang digunakan seperti plat besi dan ferit
  • Ukuran panjang induktor. Semakin pendek induktor(koil) tersebut, semakin tinggipula induktasinya.   

 Cristal/Oscilator merupakan tangkaian elektronik yang dapat menghasilkan getaran atau sinyal listrik. Gelombang yang di hasilkan adalah gelombang sinus, gelombang kotak, gelombang gigi gergaji. Pada teorinya gelombang arus DC dari pencatu daya dikonversikan oleh rangkaian osilator yang di ubah menjadi arus bolak-balik atau AC sehingga menghasilkan sinyal  lostrik yang periodik dengan amplitudo konstan.

Tiga istilah yang selalu berkaitan dengan rangkaian osilator, yaitu "periodik" "amplitudo" "frekwensi" dan berikut adalah pengertian dari istilah tersebut.
  • Periodik. Adalah waktu yang berjalan dalam menempuh satu getaran atau waktu yang di butuhkan pada satu siklus gelombang bolak-balik biasanya dilambangkan dengan satuan detik (scound)
  • Amplitudo. merupakan, simpangan terjauh yang di ukur dari titik keseimbangan  dalam suatu getaran. 
  •  Frekwensi. merupakan getaran yang di hasilkan dalam satu detik. satuan frekwensi adalah Hertz. 


 Rilay merupakan suatu rangkaian yang bekerja secara elektromagnet untuk memindahkan suatu kontak (suit) yang tersusun dari sebuah saklar elektronis yang dapat  di kembalikan dari elektonik lain nya. dengan memanfaatkan tegangan listrik sebagai sumber energinya. kontaktor akan tertutup(mati) terbuka(hidup) karena efek induksi magnet yang di hasilkan dari kumparan ketika di aliri tegangan listrik. namun sangat berbeda dengan saklar. pergerakan kontaktor ON/OF dilakukan secara manual, tanpa perlu arus listrik.



  Hampir di setiap rumah-rumah di kota maupun di desa di aliri arus listrik yang berarus 220volt di indonesia. dengan adanya arus 220volt kita dapat menikmati serunya nonton televisi di rumah kita. terangnya lampu pijar dapt menerangi isi rumah, mencarger smartphone dan juga meringankan peralatan dapurkita, tegangan listrik yang di hasilkan oleh PLN pada umumnya dapat mencapai puluhan kilo volt dan kemudian di turunkan menjadi 220volt yang kita rasakan seperti saat ini. dan untuk menurunkan daya yang berkilo volt diperlukan yang namanya tranformator. 

transformator atau yang sering kita sebut dengan Travo adalh suatu alat listrik yang dapat menurunkan suatu tegangan AC ketaraf yang lain. maksud dari tarar tersebuat di antaranya seperti menurunkan tegangan AC 220volt menjadi 12volt AC. Transformator atau Trafo ini bekerja berdasarkan prinsip induksi maghnet dan hanya dapat bekerja pada arus bolak-balik.



 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "belajar mengenal komponen elektronik dasar beserta fungsinya"

Posting Komentar