Dioda

;

Jenis jenis komponen elektronik

Dioda

  Fungsi dioda sangt penting didalam rangkaian elektronik, dioda merupakan komponen semikonduktor yang terdiri dari penyambung P-N dioda merupakan gabungandari dua katoda elektroda, yaitu anoda dan katoda. sifat lain dari dioda adalah menghantarkan arus pada tegangan maju dan menghambat arus pada aliran tegangan mundur. selain itu, masih banyak lagi fungsi dioda lain nya, sebagai berikut

.sebagai penyearah untuk dioda bridge.
.sbagai penstabil tegangan pada komponen dioda zener.
.sebagai pengaman atau skring.
.sebagai pengubah arus AC kedalam DC.
.sebagai indikator rangkaian Led.

Simbol dan bentuk-bentuk dioda


merupkan dioda yang banyak di temuai di pasaran dan rangkaian elektronika. mungkin yang baru belajar dioda inilah yang paling dahulu di kenal. fungsi dioda penyearah adalah untuk menyarahkan tegangan, misal sebagai pengubah arus AC kedalam DC.

Dioda kiprok


kegunaan dioda bridge tidakjauh dengan dioda-dioda lainnya. jika dioda biasa harus menggunakan 4 buah dioda untuk menjadikan arus DC yang penuh, maka dioda bridge hanya perlu sebuah komponen  yang sudah berisi 4 dioda.

Kapasitor (elco)

  Fungsi elco dalam suatu rangkaian elektronik yaitu dipakai untuk mengetahui kapasitas sebuah elco didalam suatu uF (mikro fared). fungsi elko biasanya di sebut sebagai kapasitor polar. dalam kapasitor polar mempunyai dua kutub yang berlainan pada setiap kaki. sehingga dalam pemasangan komponen tidakbisa terbalik maupun asal-asalan dalam pemasangan.

  elco sendiri mempunyai dua kaki, yakni kaki(-) dan kaki (+). fungsi elco bisa disebut sebagai penyimpanan arus DC, elco juga digunakan sebagai rangkaian apasaja, misal digunakan sebagai rangkaian power supply regulator dan rangkaian lainnya. kapasitor dibagi menjadi dua tipe, yakni kapasitor polar dan bipolar(non polar) pembagian ini berdasarkan polaritas (kutub positif dan negatif) dari masing masing kapasitor.




    Komponen kapasitor elco juga bisa mengalami kerusakan, seandaianya kerusakan tidakbisa di ketahui maupun elco meletus maka untuk mengetes nya
dapat menggunakan avometer(tester) cara menggunakan avomer yaitu dengan menghubungkan avometer ke kaki elco. jika elco normal jarum avometer akan menunjukkan keatas kemudia turun secara berlahan, jika elco rusak jarum avometer tikak akan turun alias gak mauturun.

Resistor

   Resistor berperan penting dalam rangkaian elektronik, karna digunakan sebagai penghambat arus/ penahan arus listrik sebelum disalurkan dengan komponen lain, selain digunakan sebagai penahan arus sementara resistor juga bisa menjadi pembagi arus yang bersifat positif.

   jadi wajarsaja bila rangkaian elektronik yang paling banyak digunakan adalah resistor karna peranan nya yang begitu penting dan paling banyak tugas nya hehehe. resistor juga komponen yang paling terkenal, selain harganya yang paling murah komponen ini banyak di jual di pasaran. jadi anda tidak perlu bingung untuk mencari komponen yang satu ini.



  Resistor mempunyai warna, dan setiap warna mempunyai nilai sendiri-sendiri berikut ini adalah rumus warna resistor...........?



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dioda"

Posting Komentar