Dioda Zener

;
    Salah satu dioda yang memiliki karakteristik menyalurkan aliran listrik kearah berlawanan dengan batas voltase tertentu.dioda zener merupakan komponen elektronika yang terbuat dari semikonduktor dan merupakan jenis dioda yang dirancang khusus untuk dapat berpotensi di pangkaian bias(Bias balik). pada saat di pasangkan pada rangkaian Bias maju. Dioda zener akan memiliki karakteristik dan fungsi sebagaimana dioda normal pad umum nya.



Fungsi Dioda Zener
. untuk menstabilkan tegangan.
. untuk membatasi aliran listrik.
. untuk mengecilkan aliran listrik.
. untuk merubah arus AC menjadi DC.
dan masih banyaklagi fungsinya.

  pada dasar nya prinsip kerja Dioda zener akan menyalurkan arus listrik yang mengalir kearah yang berlawanan, jika aliran arus listrik melampau batas yang dibutuhkan, maka dioda zener akan membatasinya dengan batas dan voltase yang dimiliki oleh dioda zener tersebut,

untuk lebih jelas nya mengenai Dioda zener, mari kita lihat rangkaian dasar dioda zener di bawah ini.

    Dalam rangkaian di atas Dioda zener di pasang dengan prinsip bias balik. rangkaian diatas adalah cara umum dalam pemasangan dioda zener. rangkaian tersebuat tegangan input masuk yang di berikan adalah 12volt tetapi multi tester menunjukkan tegangan yang melewati dioda zener adalah 2,8volt, ini artinya tegangan akan turun saat melewati dioda zener yang dipasang secara bias, sedangkan fungsi resistor dalam rangkaian tersebut adalah untuk pembatas arus listrik. untuk menghitung arus listrik (volt) tersebut. kita dapat menggunakan hukum ohm seperti di bawah ini.

(V input -V zener)atau R=l
(12 - 2,8) atau 460  =19,6mA  

jika menggunakan tegangan yang lebih tinggi contoh 24volt maka aliran yang mengalir dalam rangkaian tersebut akan semakin besar juga....

(24 - 2,8)atau 460 =45mA

akantetapi tegangan yang melewati dioda zener akan sama yaitu 2,8 volt. oleh karnaitu dioda zener merupak komponen yang pertamakali (cikal bakal) muncul nya regulator yang dapat menyaring tegangan DC dari rangkaian power suply yang menghasilkan tegan DC yang lebih murni (halus). namun tidak ada power supply yang meski sudah menggunakan regulator yang menyamai 100% tegangn DC murni seperti hal nya pada Battery. regulator pada tegangan power supply hanya memanipulasi sinyal-sinyal AC agar hasilnya dapat mendekati pada tegangan DC battery saja.


Semoga bermanfaat bagi pembaca........!

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Dioda Zener"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai elektronika
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai elektronika yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar elektronika

    BalasHapus
  3. rendi, terimakasi atas kunjungan nya.

    BalasHapus